Bisnis Work

Cara Menghitung Diskon Dengan Mudah dan Cepat

Kisah I

Waktu jalan-jalan ke mall, tadinya sih cuman liat-liat doang, eh akhirnya jadi beli sesuatu
(biasa pengaruh “pesta diskon” :) ).
Dari harga Rp.125.000, saya dapet discount 20%.
Lalu iseng nanya, “ jadinya berapa mbak ?”.
Penjaga counter langsung ngambil kalkulator. Kutak-ketik, kemudian dia memberitahukan
“ jadinya 100.000 rupiah “.
Yang menarik perhatian, kok kutak-ketiknya agak lama banyak ya?, sempet ngintip liat sih, rupa-rupanya dia mengerjakan perhitungan dalam dua langkah:

  • Mencari 20% dari 125.000
    125.000 x 20/100 = 25.000
  • Mengurangi harga semula dengan discount
    125.000 – 25.000 = 100.000
Hakikat discount
Coba kita lihat lagi, apa sih discount itu ?.
Saya menerjemahkan discount seperti ini : dis = tidak , count = menghitung.
Jadi discount artinya “ tidak dihitung ” atau ” jangan dihitung ”
sehingga kalo dapet discount 20%, berarti jangan menghitung yang 20%, atau cukup hitung yang 80 % saja.
Nah dengan pengetahuan sederhana ini, sebenarnya kasus tadi bisa dihitung dalam satu langkah:
80 : 100 x 125.000 = 100.000
Renungan :
Kalo muncul dalam soal, berarti soal ini melarang kita ngitung yang 20%, namun biasanya malah dihitung. Jadi ribet lucu kan ? :)
Aku pikir, mungkin gara-gara “discount” di Indonesiakan jadi “diskon” kali ya, jadi agak kehilangan makna.
Kisah 2 : Discount Ganda
Setelah membuat nota, aku lanjutkan lagi liat-liat. tepat dipojokan ada promosi discount lagi, namun dengan sedikit variasi : Discount 30% dan masih ditambah lagi dengan discount 40%.
wah asyik nih, jadi 70% bo :) , sayangnya tidak seperti itu !! :( .
jadi sebenarnya berapa yang harus kita bayar ?
Nah, supaya gampang kita ambil contoh:
Misal harga barang Rp. 300.000 di discount 30% kemudian 40%
Cara I :
  • menghitung dulu discount 30 %
    30 : 100 x 300.000 = 90.000
    jadi 300.000 – 90.000 = 210.000
  • lalu di discount lagi 40%
    40 : 100 x 210.000 = 84.000
  • jadi yang harus dibayar : 210.000 – 84.000 = 126.000
Cara II : tidak menghitung discountnya
ingat : discount 30 % berarti harus bayar 70 % , dan discount 40% berarti harus bayar 60%
  • jadi 60 % x 70 % x 300.000 = 126.000

gampangkan ? cukup satu langkah mudah, kalo pake kalkulator jadi gak bolak-balik mengali dan mengurangi.
Ok itu harganya, kalo penasaran sebenarnya discount yang diberikan berapa sih?
yang kita bayar : 60 * 70 : 100 % = 42 %, jadi discount sebenarnya adalah 58% bukannya 70%.
Sempet kepikir, kenapa gak langsung ditulis 58% ?, bikin ribet aja , tapi ya…namanya juga trik pasar, orang awam jadinya kan berharap mikir lebih..he2
Renungan 2 :
Cara seperti ini, bisa dijadikan contoh penggunaan konsep komposisi fungsi yang konstekstual.Dalam contoh kita di atas 30 % lalu didiscount lagi 40%, bisa kita modelkan :
  • f(x) = 70 % x
  • g(x) = 60 % x
  • jadi : (gof)(x) = g(f(x))
Dengan x = harga barang.
Bonus:
Ada lagi soal sederhana seperti ini :
Pak Amir membeli kursi seharga 1.200.000, kemudian dia menjualnya lagi dengan keuntungan sebesar 18 %. Berapakah harga kursi itu dijual ?
Jawab :
Cara I :
  • Menghitung 18% dari 1.200.000
    18 % x 1.200.000 = 216.000
  • Menghitung penjualan = harga awal + keuntungan
    1.200.000 + 21600 = 1.416.000
Cara 2:
Namanya keuntungan, berarti bertambah. Jadi sebenarnya kita tinggal menghitung langsung:
118 % x 1.200.000 = 1.416.000
Lho kok ada 118 % ?, bukannya maksimum itu 100% ?
he..he…yang ini mah gak perlu dijelasin kan ?

Bagikan Ke:



Cara Menghitung Diskon Dengan Mudah dan Cepat

Diterbitkan :
Penulis :
Label :



Artikel Terkait

Rekomendasi

20 komentar
avatar IkCha Lovemj Admin

14 Agustus 2012 11.53

Kak kalau menghitung diskon 20% + 20% kyk mana ???? Mohon penjelasannya..... ^v^

avatar Herman Admin

31 Oktober 2012 13.19

hahahhah dari gue SD ampe kuliah, baru tau kalo ngitung cepatnya begitu.... :-p

Mantabz...

avatar TRI HERIYANTO Admin

30 Juni 2013 19.47

sob, saya beli sepatu dengan harga 379.000.tp setelah discount harga jd 151.600. Nah, discount nya brp ya ?

avatar admin Admin

30 Juni 2013 20.16

diskon 40% (c)

avatar Kana Konda Admin

12 Juli 2013 17.03

kalo saya jualan barang harga 1.000.000 saya mau naikkan harga 50% jadi 2.000.000 rumusnya gmn? thx

avatar Hanster Admin

17 Juli 2013 18.32

Bisa dapat 40% rumusnya gimana tuh sob? :-?

avatar Hanster Admin

17 Juli 2013 18.48

Mau nanya lagi nih, caranya bagaimana jika soalnya seperti ini:
Adik beli baju Rp 85.000 setelah discount 15% berapakah harga awal sebelum discount?

Mungkin bisa ditambahkan dengan komentar saya sebelumnya, terima kasih.

avatar admin Admin

20 Juli 2013 20.07

Maaf baru bales, lagi sibuk ngurus web yang lain..

Cara ngitungnya simpel gan

85.000 sama dengan 85% (karena sudah dipotong diskon 15%)

jadi caranya pake perbandingan

asli/85.000 = 100/85 (persen sama-sama menghilangkan diri)
jadi asli = (100x85.000)/85
asli = 100.000

Selamat belajar....

avatar Dhananta Jaya Admin

23 Januari 2014 19.29

Bagus gan artikelnya menambah wawasan . Kalau sempat mampir di sini juga gan Http://99netto.blogspot.com

avatar Anonim Admin

29 Januari 2014 00.02

siip

avatar Zainuddin Ali Haji Admin

10 September 2014 09.52

Ass gan. artikelnya bermanfaat tuh gan, makasih ya gan atas baca bacanya.
saya ga mw numpang spam tpi mw ngasih tw kali aja agan agan butuh buku hukum dapat di lihat di www.bukudanilmuhukum.com

avatar Susan D'princess Loverss Admin

11 Desember 2014 08.16

Mksih gan,,,,mnmbh informasi,,,,,

avatar Tips Excel Admin

16 Januari 2015 10.41

enak nih hitung persen pakai excel
info menarik min...

avatar Ilman Hanafi Admin

30 Januari 2015 17.50

_Terima kasih ya, ini sangat bermanfaat bagi saya.. :) (y)

avatar muhammad arifin Admin

7 Februari 2015 00.21

Alhamdulillah sekarang saya mengerti :) thank's ya gan..

avatar Anonim Admin

26 Februari 2015 18.23

151.600 dibagi 379.000 kalikan 100

avatar Ajiez Admin

2 Maret 2015 11.49

Terima kasih atas tutorialnya
ini yang saya cari-cari

avatar ingin belanja diskon Admin

3 Maret 2015 16.36

Iya bener ya, kadang kita hanya memperhatikan besaran diskonnya saja. Barangkali ada juga kasus harganya dinaikin dulu terus didiskon, padahal sama aja hahaha.

avatar Anonim Admin

5 Maret 2015 16.49

Mkasih infonya gan, gak ribek ngitung disko... jualan jadi lancar....

www.galleriamebelshop.com

avatar Willy Alens Admin

5 Maret 2015 18.11

ya,rumus nya gimana

Silahkan Berkomentar!

Terbaru